"HOW TO MAKE CHOCOLATE"
Bahan dan alat :
- Coklat
batangan
untuk coklat,
biasanya saya pake merek collata, bukannya promosi tapi saya sudah coba
berbagai merek tapi merek ini yang paling enak. Coklatnya nggak ngendal di
mulut.
- Panci
yang biasa buat bikin
mie instan, bukan panci gede ya
mangkuk alumunium
mangkuk alumunium
yang diameternya
seukuran pancinya. (benda-benda ini digunakan untuk melelehkan coklat, jadi
kalo mau pake steamer juga boleh, tapi ga semua orang punya kan hehehe)
- Solet
- Cetakan
coklat
cetakan coklat ini
ada tiga macam, ada yang dari plastik, silikon, dan akrilik…cetakan paling
mahal ya akrilik karena harganya mencapai ratusan ribu rupiah. Kalo yang paling
murah ya cetakan dari plastik, harganya berkisar muali dari Rp 4.500,00. Cetakan
coklat bias dibeli di toko bahan kue, atau kalau di daerah anda tidak terdapat
TBK yang menjual cetakan coklat, solusi lainnya anda bias beli secara online
hahha…atau, saya biasa menggunakan cetakan agar-agar juga, jadi jangan bingung
ya^^
- Pewarna
makanan
biasanya kalau ada
yang mau lebih hemat, ya pakenya pewarna makanan. Jadi tinggal pake coklat
putih trus diwarnai. Tapi kalo yang ga mau ribet, coklat collata juga tersedia
berbagai macam warna dengan varian rasa yang bermacam-macam juga.
- Plastik
segitiga (ini
digunakan jika anda memerlukan detil-detil warna)
Cara Membuat :
- Hal
yang paling utama saat membuat coklat adalah…MEMASTIKAN SEMUA ALAT
MASAK BEBAS DARI AIR, musuh terbesar dari coklat adalah AIR. Jadi anda
harus benar benar memastikan bahwa peralatan yang anda gunakan terbebas
dari air.
- Potong
coklat hingga kecil (bahasa dapurnya “dicacah”) agar mudah saat
dilelehkan. Setelah di cacah, masukkan coklat ke mangkuk alumunium.
- Masukan
air ke dalam panci (isi airnya setengah dari volume panci ya). Lalu
panaskan air hingga mendidih.
- Setelah
mendidih, MATIKAN API lalu letakkan mangkuk alumunium di atas panci. Aduk
coklat hingga benar-benar meleleh. (untuk coklat putih dan coklat warna.
Airnya jangan terlalu mendidih, karena coklat ini lebih mudah meleleh dan
lebih mudah gosong kalau kepanasan)
- Setelah
semua coklat leleh, maka coklat siap untuk dicetak. Masukkan coklat ke
dalam cetakn yang sudah tersedia. (kalau mau beda warna, misalnya bagian
atas warna putih dan bawahnya warna coklat, maka tunggu coklat lapisan
pertama agak kering. Kurang lebih seperti membuat pudding. Dan kalau ada
detil yang ingin ditonjolkan dengan perbedaan warna, maka bias menggunakan
plastik segitiga.) Untuk yang memakai pewarna makanan, pewarna bias
dicampurkan setelah coklat putih meleleh.
- Setelah
coklat dimasukkan ke dalam cetakan, lalu masukkan ke dalam kulkas kira
kira 15-20 menit. Jangan terlalu lama, karena kalau terlalu lama nanti
malah coklatnya ga bisa dikeluarin dari cetakan.
- Setelah membeku, keluarkan coklat dari cetakan. Cara mengeluarkannya, ketuk-ketukkan cetakan secara perlahan di atas tatakan. Setelah berhasil keluar, maka coklat siap disajikan. Tambahan : cara lain melelehkan coklat adalah dengan menggunakan cangkir kramik, caranya, masukkan potongan coklat ke dalam cangkir lalu letakkan di atas nampan berisi air panas. Lalu aduk hingga leleh ....
Happy Cooking Sista and Brotha … ^^
Fitriia_
Tidak ada komentar:
Posting Komentar